Selasa, 24 Januari 2017

OPINI TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA SAAT INI ( FULL DAY SCHOOL & KURIKULUM 2013 )

OPINI TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA SAAT INI 
( FULL DAY SCHOOL & KURIKULUM 2013 )


Menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, maksud dari full day school adalah pemberian jam tambahan. Namun, pada jam tambahan ini siswa tidak akan dihadapkan dengan mata pelajaran yang membosankan. Kegiatan yang dilakukan seusai jam belajar-mengajar di kelas selesai adalah ekstrakurikuler (ekskul). Dari kegiatan ekskul ini, diharapkan dapat melatih 18 karakter, beberapa di antaranya jujur, toleransi, displin, hingga cinta tanah air.


 “Usai belajar setengah hari, hendaknya para peserta didik (siswa) tidak langsung pulang ke rumah, tetapi dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” kata Muhadjir. Dengan demikian, kemungkinan siswa ikut arus pergaulan negatif akan sangat kecil karena berada di bawah pengawasan sekolah. Misalnya, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan sebagainya.
Menurut saya dampak postif dari adanya full day school ini menjadikan :
1.   Siswa lebih merasakan adanya kekeluarga didalam sekolah Karena hamper sehari penuh siswa bertemu dengan guru dan teman-teman nya
2.   Siswa lebih berpikir kritis dan tidak boros waktu
3.   Siswa lebih memiliki kegiatan yang lebih bermanfaat
4.   Siswa lebih menghargai waktu
5.   Siswa bisa memahami karakter dari masing-masing temannya
6.   Membuat siswa untuk beroptimal pada potensi nya
7.   Sistem ini mewadahi bakat dan minat siswa untuk sejak dini melalui program ekstrakuriler
8.   Sistem ini juga mampu mencetak karakter dari masing-masing siswa
9.   Sistem ini tidak membuat siswa melakukan aktifitas diluar sekolah dengan liar ketika orang tua belum pulang kerja
Menurut saya dampak negatif dari adanya full day school ini menjadikan :
1.      Siswa merasa jenuh karena berada dilingkungan sekolah dalam kurun waktu yang lama
2.      Jika siswa merasa capek, ilmunya pun tidak bisa dicerna oleh siswa
3.      Siswa akan mengalami stress karena tidak semua sekolah fasilitas sarana prasarana yang menyenangkan bagi siswa
4.      Ini juga bisa membuat komunikasi antara siswa dan orang tuanya semakin renggang
5.      Interaksi tehadap teman sebaya diluar sekolah menjadi minim
6.      Pembelajaran dalam kurun waktu lama menjadikan siswa tidak optimal berfikir
7.      Siswa akan kehilangan waktunya untuk belajar tentang hidup keluarga dirumah
Guru banyak mengatakan bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang bertujuan untuk membentuk suatu karakter siswa agar kuat, cerdas dan dapat bersaing. Dan kalau pendidikan akademik hanya menjamin 10% keberhasilan 90% ditentukan dari karakter, untuk itu dibuatlah kurikulum 2013
Lalu , kurikulum 2013 juga bertujuan agar para siswa sadar kalau malas itu tidak berguna. Siswa dituntut untuk aktif bertanya, guru atau pengajar hanya masuk ke kelas memberi tugas dan kita belajar sendiri lewat internet. Setiap hari kita diberi tugas yaitu presentasi dan peran guru hanya meluruskan presentasi siswa yang salah lalu memberi nilai dan intinya guru adalah cuman fasilitator.
Dampak negative dari kurikulum 2013 :
1.       Memberatkan siswa karens jam pelaran nya ditambah padahal dari masing-masing individu mempunyai batas maksimal untuk konsentrasi belajar
2.       Terforsirnya waktu siswa disekolah untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ataupun kkegiatan lainnya yang berkaitan didalam sekolah
3.       Sebagian sekolah yang berada dipelosok akan terlambatnya pencapaian kurikulum karna minim nya sarana dan prasarana nya
4.       Butuh biaya besar untuk pembaharuan kurikulum ini untuk memenuhi fasilitas

Dampak positif dari kurikulum 2013 :
1.       Membuat siswa menjadi aktif dikelas
2.       Membuat siswa menjadi pemikir mandiri
3.       Membuat siswa untuk slalu mencari informasi dengan sendirinya dan pintar bertanya kepada pengajar nya
4.       Melatih pola pikir siswa menjadi berpikir logis
5.       dan siswa diberi kesempatan mengemukakan argumentasi nya dalam proses pembelajaran









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas | Fakta dan Esensi Sila Pancasila

Fakta dan Esensi Sila Pancasila Pancasila yang terdiri atas lima sila pada hakikatnya merupakan suatu filsafat. Pengertian sistem fils...