OPINI TENTANG PENDIDIKAN
DI INDONESIA SAAT INI
( FULL DAY SCHOOL & KURIKULUM 2013 )
Menurut mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, maksud
dari full day
school adalah
pemberian jam tambahan. Namun, pada jam tambahan ini siswa tidak akan
dihadapkan dengan mata pelajaran yang membosankan. Kegiatan yang dilakukan
seusai jam belajar-mengajar di kelas selesai adalah ekstrakurikuler (ekskul).
Dari kegiatan ekskul ini, diharapkan dapat melatih 18 karakter, beberapa di
antaranya jujur, toleransi, displin, hingga cinta tanah air.
“Usai belajar setengah hari, hendaknya para peserta didik (siswa) tidak langsung pulang ke rumah, tetapi dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” kata Muhadjir. Dengan demikian, kemungkinan siswa ikut arus pergaulan negatif akan sangat kecil karena berada di bawah pengawasan sekolah. Misalnya, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan sebagainya.
“Usai belajar setengah hari, hendaknya para peserta didik (siswa) tidak langsung pulang ke rumah, tetapi dapat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang menyenangkan dan membentuk karakter, kepribadian, serta mengembangkan potensi mereka,” kata Muhadjir. Dengan demikian, kemungkinan siswa ikut arus pergaulan negatif akan sangat kecil karena berada di bawah pengawasan sekolah. Misalnya, penyalahgunaan narkoba, tawuran, pergaulan bebas, dan sebagainya.
Menurut saya dampak postif dari adanya full day school ini menjadikan :
1. Siswa
lebih merasakan adanya kekeluarga didalam sekolah Karena hamper sehari penuh
siswa bertemu dengan guru dan teman-teman nya
2. Siswa
lebih berpikir kritis dan tidak boros waktu
3. Siswa
lebih memiliki kegiatan yang lebih bermanfaat
4. Siswa
lebih menghargai waktu
5. Siswa
bisa memahami karakter dari masing-masing temannya
6. Membuat
siswa untuk beroptimal pada potensi nya
7. Sistem
ini mewadahi bakat dan minat siswa untuk sejak dini melalui program
ekstrakuriler
8. Sistem
ini juga mampu mencetak karakter dari masing-masing siswa
9. Sistem
ini tidak membuat siswa melakukan aktifitas diluar sekolah dengan liar ketika
orang tua belum pulang kerja
Menurut saya dampak
negatif dari adanya full day school ini menjadikan :
1.
Siswa merasa jenuh karena berada
dilingkungan sekolah dalam kurun waktu yang lama
2.
Jika siswa merasa capek, ilmunya pun tidak
bisa dicerna oleh siswa
3.
Siswa akan mengalami stress karena tidak
semua sekolah fasilitas sarana prasarana yang menyenangkan bagi siswa
4.
Ini juga bisa membuat komunikasi antara
siswa dan orang tuanya semakin renggang
5.
Interaksi tehadap teman sebaya diluar
sekolah menjadi minim
6.
Pembelajaran dalam kurun waktu lama
menjadikan siswa tidak optimal berfikir
7.
Siswa akan kehilangan waktunya untuk
belajar tentang hidup keluarga dirumah
Guru
banyak mengatakan bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang bertujuan untuk
membentuk suatu karakter siswa agar kuat, cerdas dan dapat bersaing. Dan kalau
pendidikan akademik hanya menjamin 10% keberhasilan 90% ditentukan dari
karakter, untuk itu dibuatlah kurikulum 2013
Lalu
, kurikulum 2013 juga bertujuan agar para siswa sadar kalau malas itu tidak
berguna. Siswa dituntut untuk aktif bertanya, guru atau pengajar hanya masuk ke
kelas memberi tugas dan kita belajar sendiri lewat internet. Setiap hari kita
diberi tugas yaitu presentasi dan peran guru hanya meluruskan presentasi siswa
yang salah lalu memberi nilai dan intinya guru adalah cuman fasilitator.
Dampak
negative dari kurikulum 2013 :
1. Memberatkan siswa karens jam
pelaran nya ditambah padahal dari masing-masing individu mempunyai batas
maksimal untuk konsentrasi belajar
2. Terforsirnya waktu siswa disekolah
untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ataupun kkegiatan lainnya yang
berkaitan didalam sekolah
3. Sebagian sekolah yang berada
dipelosok akan terlambatnya pencapaian kurikulum karna minim nya sarana dan
prasarana nya
4. Butuh biaya besar untuk pembaharuan
kurikulum ini untuk memenuhi fasilitas
Dampak
positif dari kurikulum 2013 :
1. Membuat siswa menjadi aktif dikelas
2. Membuat siswa menjadi pemikir
mandiri
3. Membuat siswa untuk slalu mencari
informasi dengan sendirinya dan pintar bertanya kepada pengajar nya
4. Melatih pola pikir siswa menjadi
berpikir logis
5. dan siswa diberi kesempatan
mengemukakan argumentasi nya dalam proses pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar